DIALOG
Mengapa Audiobook ?
26 Jan, 2018
Oleh : Dewi Sartika
Kategori : Artikel



Dari istilahnya sudah jelas , audio book atau audio buku adalah sebuah karya tulis (dari berbagai macam kategori) yang dapat dinikmati dengan mendengar. Dengan kata lain audio book merupakan salah satu cara terbaik untuk orang yang mempunyai keterbatasan untuk dapat menikmati sebuah buku, baik keterbatasan secara fisik maupun hal lain.

Menurut sejarahnya , audio book dulu banyak diperuntukkan bagi para veteran yang terluka selama Perang Dunia I dan juga para tuna netra lainnya. Dimulai dari yang berbentuk piringan hitam durasi 4 menit , 12 menit , sampai akhirnya sekitar tahun 1930 an menjadi 20 menit.

Di Indonesia sendiri audio book , audio buku , spoken words , talking book , atau istilah lainnya sudah cukup lama diperkenalkan . Pada masa itu sudah berbentuk kaset , tetapi mungkin tidak banyak penikmatnya dan memang lebih banyak diperuntukkan di bidang pendidikan . seperti pelajaran bahasa asing untuk siswa , pelatihan untuk para karyawan , seni membaca puisi atau sastra lainnya untuk di sekolah-sekolah.

Di era digital saat ini , audio sudah dapat dinikmati lebih mudah dan sangat praktis dari berbagai macam bentuk dan format , serta kapasitasnya pun sudah jauh lebih besar (mp3 , wav , flac , dsb). Dengan fasilitas recording yang sudah jauh lebih canggih , sensasi mendengarkan audio book inipun tidak kalah nikmatnya.

Audio book sudah lebih banyak untuk cerita fiksi . Dapat berupa monolog , dialog , dan ditambah juga dengan efek-efek suara atau musik yang mendukung cerita tersebut.
Nah...kalo anda termasuk orang yang mempunyai mobilitas yang tinggi , audio book adalah pilihan tepat untuk anda !!!

Cimanggis, 4 January 2018
Dewi Sartika